Alas Kedaton

Alas Kedaton, Bali, Indonesia

Alas Kedaton

Alas Kedaton

Alas Kedaton, kawasan hutan lindung dengan luas sekitar 12 hektar dan di tengah hutannya terdapat Pura Dalem Kahyangan Kedaton


Alas Kedaton

Alas Kedaton merupakan obyek wisata alam berupa kawasan hutan lindung dengan luas sekitar 12 hektar dan di tengah hutannya terdapat Pura Dalem Kahyangan Kedaton. Kawasan hutan lindung ini juga dihuni oleh ratusan kera dan kalong yang bergelayutan di pepohon. Alas Kedaton berada di Kabupaten Tabanan, alas Kedaton ditumbuhi sekitar 24 jenis tumbuhan yang diantaranya adalah pohon Dau, Mahoni, Kayu Adeng, Klampuak, dll. Pada sudut tenggara hutan ini terdapat sebidang tanah yang oleh masyarakat setempat dianggap sebagai tempat kuburan kera.

Pada saat memasuki Alas Kedaton, setiap pengunjung akan disambut oleh ratusan kera, yang kadang kala mendekati atau menghampiri pengunjung. Hal ini menjadi suatu atraksi yang mengundang kelucuan karena tingkah laku kera di Alas Kedaton, yang telah berteman dengan manusia sejak dahulu sehingga jinak terhadap setiap pengunjung. Walaupun kera ini jinak, tapi tetaplah binatang liar, disarankan anda juga tetap berhati hati terhadap barang bawaan. Seperti dompet, handphone, kacamata, dan barang kecil yang lain.

Pura Dalem Kahyangan Kedaton atau Pura Alas Kedaton adalah sebuah pura besar yang sangat unik karena memiliki 4 buah pintu masuk pada setiap sisi pura dan bentuk bangunannya terkesan kuno dengan arsitektur sederhana. Pura ini menghadap ke arah barat dan memiliki struktur yang unik serta berbeda dengan struktur pura lain yaitu pada bagian halaman dalam yang merupakan halaman tersuci lebih rendah dari halaman tengah.




Taman AyunSacred Monkey Forest








Tidak ada komentar:

Posting Komentar