Taman Nusa

Taman Nusa, Bali, Indonesia

Taman Nusa

Taman Nusa

Taman Nusa adalah taman wisata budaya yang menggambarkan perjalanan sejarah Indonesia dalam hal bangunan atau seni arsitektur dari masa ke masa.


Taman Nusa adalah taman wisata budaya yang menggambarkan perjalanan sejarah Indonesia dalam hal bangunan atau seni arsitektur dari masa ke masa. Mengunjungi taman ini, Anda akan mendapat banyak pengetahuan tentang budaya dari berbagai etnis Indonesia berlatarkan suasana alam Pulau Bali yang hijau.

Taman Nusa terletak di daerah Gianyar. Mencakup area seluar 15 hektar, taman wisata budaya ini berlatarkan sisi pegunungan yang hijau, panorama persawahan, hutan, jurang, serta sungai. Taman Nusa dibangun dengan mengusung misi menjadikan taman budaya sebagai sarana pelestarian, rekreasi dan pendidikan bagi pengunjung lokal maupun mancanegara yang ingin memahami budaya Indonesia dengan cara lebih interaktif.

Terdapat pula Kampung Budaya dimana ada lebih dari 60 rumah tradisional yang dibangun dengan penataan sedemikian rupa sehingga menyatu dengan alam Bali. Anda berkesempatan mengenal berbagai etnis, budaya dan kerajinan serta kesenian Indonesia. Rumah tersebut mencakup rumah dari Nias, Batak Danau Toba, rumah Dayak di Kalimantan, Toraja di Sulawesi, pendopo Jawa, Bali dan masih banyak lagi. Beberapa bangunan yang mewakili tiap masa dicirikan arsitektur dengan fitur Buddha, unsur Islam, rumah kolonial Belanda, serta pengaruh China untuk arsitektur modern dan Hindu.

Ke depannya, semua rumah tradisional tersebut rencananya akan dihuni orang asli dari daerah dimana sekaligus dijadikan sebagai karyawan di Taman Nusa. Di kawasan ini akan pula dibangun sanggar seni untuk mementaskan berbagai kesenian daerah. Dengan begitu, harapannya pengunjung akan merasakan atmosfer kehidupan tradisonal tiap daerah dalam bentuk perkampungan etnis.




PanglipuranGoa Lawah







Tidak ada komentar:

Posting Komentar