Galuh dan Celuk

Galuh Celuk, Bali, Indonesia

Galuh Celuk

Galuh Celuk

Tradisi batik bukan hanya ditemukan di jawa saja, Bali juga memiliki tradisi batik tersendiri yang dikenal dengan batik galuh.
Desa Celuk yang dikenal sebagai desa yang menawarkan wisata kerajinan emas dan perak


Batik Galuh

Batik Galuh merupakan salah satu tempat wisata yang patut anda kunjungi. Tradisi batik bukan hanya ditemukan di jawa saja, Bali juga memiliki tradisi batik tersendiri yang dikenal dengan batik galuh. Batik Galuh merupakan bentuk gagasan dari Bpk. Pande Ketut Krisna, yang di mulai sejak tahun 1976 dan dibantu oleh saudaranya. Dan baru memperoleh ijin usaha dari Departemen Perdagangan pada tahun 1986.

Tradisi batik merupakan sebuah warisan seni dan budaya oleh nenek moyang dan sampai sekarang masih dilestarikan bahkan cenderung diminati. Di Bali penggunaan kain batik merupakan tradisi yang masih dijaga dan dilestarikan, salah satunya adalah penggunaan batik saat upacara keagamaan dan acara adat. Karena itulah, melihat permintaan pasar yang meningkat akan penggunaan batik membuat banyak produsen batik mulai berkreasi. Batik Galuh, kerajinan kain batik yang dihasilkan memiliki kwalitas tinggi serta keindahan motifnya membuat calon pembeli merasa tertarik. Tidak heran jika Batik Galuh menjadi salah satu kain batik yang banyak diminati bahkan sampai di ke kawasan Asia dan Eropa.

Batik Galuh merupakan ikon pengrajin batik di Bali, hampir setiap hari Batik Galuh selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan khususnya saat liburan. Selain itu jalurnya yang strategis yang searah ke pementasan tari Barong di Batubulan, pengrajin perak desa Celuk, dan pasar seni Sukawati. Batik Galuh bisa menjadi tujuan alternatif wisata belanja.

Celuk

Desa Celuk yang dikenal sebagai desa yang menawarkan wisata kerajinan emas dan perak. Sebagai desa wisata, Celuk tiap harinya dikunjungi oleh para wisatawan yang penasaran dengan pembuatan emas dan perak oleh para pengrajin dan seniman. Mutu kerajinan emas dan perak Desa Celuk bermutu tinggi.

Tidak hanya diperbolehkan melihat, para wisatawan yang datang pun berkesempatan untuk memiliki aneka kerajinan yang terbuat dari emas dan perak tersebut dengan membelinya langsung dari tempat pembuatan para seniman.

Mayoritas penduduk Desa Celuk bermata pencaharian sebagai pengrajin emas dan perak. Mereka sangat terampil dalam mengembangkan kreasi desain dan variasi kerajinan emas perak sehingga tak heran kalau produknya mampu menembus pasar nasional maupun internasional. Berbagai macam perhiasan yang telah dihasilkan bisa langsung dinikmati dan dimiliki oleh pengunjung. Beragam jenis kreasi dan variasi perhiasan, baik sebagai cendramata maupun komoditi ekspor diproduksi di desa ini seperti cincin, gelang, kalung dan berbagai jenis perhiasan lainnya.

Kualitas kerajinan yang telah dihasilkan masyarakat Celuk tidak diragukan lagi karena sudah teruji selama puluhan tahun. Demikian juga dengan kuantitas, jika Anda membutuhkan kerajinan emas dan perak dalam jumlah yang banyak, para pengrajin sudah terlatih membuat kerajinan tersebut dalam jumlah banyak.




Museum BaliTaman Ayun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar