Pandawa

Pandawa, Bali, Indonesia

Pantai Pandawa

PANTAI PANDAWA

Pantai berpasir putih yang sangat indah, berada di belakang tebing kapur yang tinggi.


Memang sudah tidak diragukan lagi jika Pulau Bali menyimpan keindahan yang seakan tidak ada habisnya. Deretan kegiatan agama dan budaya telah dilengkapi dengan keindahan bentang alamnya yang memukau terutama pantai.

Pantai Pandawa, dikenal pula dengan nama Pantai Kutuh.
Dahulu pantai ini dikenal sebagai Secret Beach karena lokasinya yang berada di belakang tebing tinggi ditumbuhi oleh semak belukar. Pantai yang berada dekat dengan Nusa Dua ini sebenarnya sudah lama dikenal namun karena akses menuju pantai cukup sulit menjadikan pantai ini sepi dari kunjungan wisatawan.

Melihat potensi keindahan yang dimiliki oleh pantai ini, beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Badung sudah membuka akses berupa jalan sepanjang kurang lebih 1,5 km menuju pantai yang melewati tebing kapur tinggi. Kondisi jalanan menuju lokasi pantai ini begitu unik dan megah karena diapit tebing yang telah dibelah

Nama Pantai Pandawa sendiri diambil dari nama tokoh pewayangan Lima Pandawa. Oleh karena itu, ketika memasuki kawasan pantai, Anda akan disambut oleh patung Pandawa Lima, yaitu: Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kelimanya diukir dengan indah dan uniknya patung tersebut disimpan di dalam tebing kapur. Anda dapat melihat kelima patung tersebut secara bersamaan dan berurutan dari bawah pantai ke arah Barat. Pantai yang sangat Indah. Pesona pasir putihnya terhampar dari ujung ke ujung, airnya jernih dan bersih dan deburan ombaknya mengalun di kejauhan. Harmonisasi berbagai keindahan tersebut siap menentramkan hati Anda.

Berkunjung ke pantai ini berarti Anda perlu bersiap untuk basah. Berenang menjadi aktivitas utama selain kano atau paragliding. Akan tetapi, apabila tidak ingin berbasah basahan maka Anda bisa bersantai duduk di warung pinggir pantai sembari menikmati air kelapa bersama jagung bakar. Anda juga bisa berjalan di sepanang pesisir pantainya menyaksikan para petani rumput laut yang sedang beraktivitas. Pantai Pandawa memang dijadikan sebagai tempat budidaya rumput laut. Di pantai ini Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang budidaya rumput laut yang dijalankan masyarakat sekitar sejak 1980-an.

Selain dikenal dan dijadikan sebagai tujuan wisata pantai, Pantai Pandawa juga digunakan sebagai lokasi upacara hindu “melasti” oleh masyarakat desa setempat.




Puja MandalaSuluban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar