Museum Bali

Museum Bali, Bali, Indonesia

Museum Bali

MUSEUM BALI

Museum Bali, tempat yang tepat untuk mengenali Bali dari sisi sejarahnya


Berada dekat dengan Lapangan Puputan Badung yang selain merupakan pusat kota Denpasar, Museum Bali merupakan tempat yang tepat untuk mengenali Bali dari sisi sejarahnya. Meneropong ke belakang dari masa kehidupan manusia pertama di pulau Bali, masa perkembangan tradisi budaya, sampai masa perjuangan melawan penjajahan semua tergambar lengkap di museum ini. Kita juga bisa melihat bagaimana perkembangan keagamaan dan tradisi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Bali baik pada jaman dahulu maupun saat ini, tentunya di pandang dari sudut sejarahnya.

Selain berbagai artefak bersejarah, diorama, dan replika, hal menarik lain dari Museum Bali ini adalah arsitekturnya. Seluruh bagian museum yang terdiri dari sejumlah bangunan terpisah ini sangat kental dengan tatanan arsitektur Bali, dengan ukiran yang sangat rumit dan indah. Tidak dapat diragukan lagi, ini merupakan salah satu dari hanya sedikit tempat dimana arsitektur Bali yang asli bisa kita nikmati dengan utuh.

Ada beberapa bangunan terpisah di museum Bali ini. Bukan hanya bangunannya yang terpisah, tetapi halamannya juga dipisahkan pagar dengan gapura berukir khas Bali. Setiap bangunan memiliki nama tersendiri, sementara koleksi yang ada didalamnya juga memiliki klasifikasi tersendiri, seperti bangunan yang khusus memajang senjata tradisional khas Bali, bangunan lain khusus berisi benda yang berhubungan dengan keagamaan, perdagangan, perhiasan, dan lain-lain.




Bajra SandiGaluh Celuk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar