Kintamani

Kintamani, Bali, Indonesia

Kintamani

Kintamani

Kintamani dengan keindahan pemandangan Gunung dan Danau Batur


Kintamani dengan keindahan pemandangan Gunung Batur dan Danau Batur. Obyek Wisata Kawasan Batur atau lebih dikenal dengan kawasan Kintamani berada pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut dengan suhu udaranya berhawa sejuk pada siang hari dan dingin pada malam hari.

Di kawasan ini terdapat Danau Batur yang merupakan danau terbesar di Bali dan Gunung Batur sebagai salah satu Gunung berapi yang masih aktif, yang berdiri di tengah kaldera membuat daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata paling favorit di Bali. Kombinasi antara Gunung batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru, sungguh mengesankan.

Dari desa Penelokan Anda dapat melihat tempat yang paling indah yaitu pemandangan Gunung Batur dan danaunya. Gunung berapi kecil ini masih aktif setelah letusan yang besar terjadi tahun 1917 dan telah memakan korban ribuan nyawa dan menghancurkan ratusan rumah penduduk Desa Batur Tua yang berada di dasar kaldera Batur. Penduduk yang masih tersisa mengungsi ke Desa Batur.

Anda juga akan dapati wisata budaya di Trunyan, tidak seperti umat Hindu umumnya di Bali yang melangsungkan upacara ngaben untuk pembakaran jenazah, di Trunyan jenazah tidak dibakar melainkan hanya diletakkan di tanah pekuburan selamanya hingga tinggal tulang dan tengkorak. Justru tengkorak itulah yang menjadi daya tarik trunyan sebagai desa kuno Bali.

Trunyan memiliki tiga jenis kuburan, Kuburan pertama adalah yang dianggap paling suci dan paling baik. Jenazah yang dikuburkan hanyalah Jenazah yang jasadnya utuh, tidak cacat dan Jenazah yang proses meninggalnya dianggap wajar atau bukan bunuh diri serta kecelakaan. Kuburan yang kedua disebut kuburan muda yang khusus diperuntukkan bagi bayi dan orang dewasa yang belum menikah. Namun tetap dengan syarat Jenazah tersebut harus utuh dan tidak cacat. Kuburan yang ketiga disebut setra bantas, khusus untuk Jenazah yang cacat dan yang meninggal secara tidak wajar misalnya kecelakaan dan bunuh diri.




Tirta EmpulTanjung Benoa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar