Goa Lawah

Goa Lawah, Bali, Indonesia

Goa Lawah

Goa Lawah

Pura Goa Lawah Merupakan Salah Satu Kahyangan Jagat tempat yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai perpaduan antara penguasa laut laut dan pelindung gunung


Goa Lawah

Pura Goa Lawah Merupakan Salah Satu Kahyangan Jagat dan menjadi salah satu wisata di Bali, tempat yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai perpaduan antara laut dan gunung, mengandung suatu rasa terima kasih ke Tuhan Yang Maha Esa sebagai pelindung gunung, serta Hyang Baruna sebagai penguasa laut.

Pura Goa Lawah terletak di Klungkung. Tidak diketahui pasti siapa pendiri serta kapan didirikannya Pura Goa Lawah ini tetapi pura ini diperkirakan didirikan oleh Mpu Kuturan pada abad ke-11. Keberadaan Pura terlihat unik serta menarik dihuni oleh ribuan kelelawar, termasuk sebagai salah satu Kahyangan Jagat atau Sad Kahyangan.

Pemandangan ditempat ini terasa unik, sebuah goa kelihatan di huni ribuan kelelawar, di atasnya tumbuh pohon besar seolah sebagai pelindung, sementara di mulut goa terdapat beberapa pelinggih. Pura Goa Lawah menempati wilayah pantai berdampingan dengan wilayah perbukitan. Dipelataran pura berdiri kokoh beberapa meru.Di bagian Pura, tepatnya di mulut goa terdapat pelinggih Sanggar Agung sebagai pemujaan Sang Hyang Tunggal, Meru Tumpang Tiga, Gedong Limasari dan Gedong Limascatu.

Di kawasan Pura Goalawah ini tersedia areal parkir sangat luas di beberapa tempat, seperti terletak di seberang jalan dipinggir pantai, bahkan areal parkir baru, disebelah Timur pura juga disediakan, untuk menampung kendaraan warga yang melakukan persembahyanagan seperti saat Upacara Nyegara Gunung, Nunas Tirta dan Melasti dalam rangkaian upacara keagamaan di agama Hindu. Warung makanan dan minuman banyak tersedia di sini.




Taman NusaBesakih







Tidak ada komentar:

Posting Komentar