Bedugul

Bedugul, Bali, Indonesia

Bedugul

Bedugul

Daerah yang sangat sejuk dan nyaman, ditambah pesona keindahan Danau Beratan, Pura Ulundanu dan Kebun Raya Eka Karya. Sungguh sebuah tempat yang sangat sayang untuk dilewatkan


Bedugul memiliki udara yang sejuk dan nyaman untuk menikmati keindahan Danau Beratan dan Pura Ulun Danu. Anda bisa menikmati waktu santai dengan berjalan kaki atau menyewa perahu. Di sini juga terdapat Kebun Raya Eka Karya. Berbagai jenis buah buahan dan sayuran tumbuh dengan subur di daerah ini.

Danau Beratan
Danau Beratan, sebuah danau yang sangat indah. Ditemani oleh udara pegunungan yang sejuk, anda dapat berjalan menyusuri danau atau menyewa perahu untuk berkeliling menikmati keindahan alam Danau Beratan. Di areal wisata terdapat kios kios kecil dengan beragam buah tangan cantik yang dapat anda beli.

Terletak di dataran tinggi, menyebabkan tempat ini sangat sejuk dan terkadang di selimuti kabut. Keindahan alam pegunungan dan Danau Beratan yang bersih sangat mempesona, di tengahnya ada sebuah pura Ulun Danu yang merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Ini adalah objek wisata yang akan sangat sayang sekali apabila Anda lewatkan. Selain Pura Ulun Danu yang merupakan tempat suci bagi agama Hindu, di lokasi ini pun terdapat Wihara dan Masjid seolah menunjukan nilai toleransi tinggi di tempat ini.

Pura Ulundanu
Pura ini adalah Pura Subak, karena danau Beratan adalah sumber mata air irigasi bagi sawah para petani.

Pura Ulun Danu berada di tepi Danau Beratan. Di depan halaman sebelah kiri dari Pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas teras. Diperkirakan bahwa lokasi Pura Ulun Danu Beratan telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak zaman megalitik.

Pura Ulun Danu Beratan ini sudah ada sebelum tahun 1556. Pura Ulun Danu kemudian dibangun oleh Raja Mengwi I Gusti Agung Putu tahun 1633 yang berarsitektur campuran Hindu Budha dan ditandai dengan stupa Budha. Semenjak pendirian pura tersebut termasyurlah kerajaan Mengwi, dan I Gusti Agung Putu digelari oleh rakyatnya “I Gusti Agung Sakti”.

Pura Ulun Danu merupakan sebuah candi di atas air berusia tua di Bali. Bangunan yang terdapat di areal wisata Bedugul ini merupakan bangunan kuno, tetapi semua keadaan fisiknya masih bersih dan tertata dengan rapi. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Beratan di pegunungan dekat Bedugul. Pura Ulun Danu merupakan sebuah bangunan suci umat Hindu yang dibangun untuk memuja Dewi Danu. “Danu” sendiri adalah bahasa lokal Bali yang berarti “Danau”. Sedangkan “Beratan” adalah nama dari danau yang terletak di dataran tinggi Bedugul ini. Candi ini sebenarnya digunakan untuk upacara persembahan Dewi Danu yaitu dewi air, danau, dan sungai.

Pura Ulun Danu ini terdiri dari empat bangunan suci, yaitu; Pura Lingga Petak dengan tiga tingkat sebagai tempat pemujaan bagi dewa Siwa, Pura Penataran Puncak Mangu dengan 11 tingkat sebagai tempat pemujaan dewa Wisnu, Pura Teratai Bang sebagai pura utama, dan Pura Dalem Purwa sebagai tempat pemujaan kepada Sang Hyang Widhi sebagai Trimurti. Pura Dalem Purwa ini berfungsi sebagai tempat memohon kesuburan, kemakmuran dan kesejahteraan.

Kebun Raya Eka Karya
Kebun ini merupakan kebun raya pertama yang didirikan oleh putra bangsa Indonesia. Pengelolaannya dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan secara struktur organisasi berada di bawah pembinaan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor. Kebun ini didirikan pada 15 Juli 1959.

Kebun Raya Bali merupakan tempat yang unik di pulau Bali yang memadukan penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan dan rekreasi. Disini anda dapat bersantai sambil menikmati keindahan dan kedamaian sambil mempelajari manfaat tumbuhan bagi kehidupan masyarakat. Di kebun raya pun anda dapat melihat tumbuhan hutan hujan tropik dan kehidupan burungnya.




Tanah LotGoa Gajah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar